“Peralatan dan formulir-formulir yang ada di
seksi porter (uniformed service)”
Dalam menjalankan
tugas di bagian concierge atau uniformed service, ada beberapa peralatan dan
formulir yang harus kita tangani dan yang membantu kita saat memberikan service
ke tamu. Antara lain :
1. Information
rack
Rak informasi berguna untuk mengetahui nama tamu yang menginap di
hotel, penyusunan rak ini berdasarkan alpabet nama tamu. Ketika ada tamu yang
check in maka akan dibuatkan guest slip yang diselipkan pada room rack dan
information rack. Rak ini juga biasanya terdapat di bagian telepon operator dan
housekeeping/tata graha.
Paging board adalah papan yang digunakan untuk
mendapatkan tamu di sekitar lobby atau di restoran, apabila ada tamu yang
mencarinya atau ada sambungan telepon untuknya, perlengkapan pendukung paging
board yaitu bel yang berfungsi untuk menarik perhatian tamu.
Berguna untuk
menyimpan surat/memo untuk internal hotel, segala surat yang didistribusikan ke
bagian kantor depan akan disimpan di rak ini yang kemudian akan di baca oleh
seluruh petugas kantor depan sebagai informasi terkini.
Telepon berfungsi sebagai alat
komunikasi bagi seluruh staf dalam hal berkoordinasi untuk memenuhi kebutuhan
dan keinginan tamu.
5.Luggage
trolley
Lugagge
troley digunakan oleh porter/bellboy yang berfungsi untuk membawa barang bawaan
tamu yang jumlahnya relatif banyak, ada beberapa macam trolley yang dikenal
dengan bellhop, president, gemini.
Rak ini
berfungsi untuk menyimpan kunci kamar dan pesan untuk tamu. Ketika tamu tidak
berada di kamarnya sebaiknya ia menitipkan kunci kamar di bagian kantor depan
untuk menghindari kehilangan serta diketemukannya kunci oleh orang lain.
Key
& mail rack ini sudah jarang ditemukan pada hotel yang besar dan hotel yang
menggunakan sistem komputer. Hal ini dikarenakan jarang digunakannya kunci
pintu kamar manual, tetapi menggunakan kunci yang berbentuk kartu (key
card/ving card) sehingga tidak memerlukan tempat khusus untuk menyimpannya.
Begitu juga untuk penyimpanan surat atau pesan untuk tamu tidak memerlukan
tempat khusus karena setiap ada pesan/surat untuk tamu akan dihubungi ke kamar
atau diantar ke kamar.
Luggage rack adalah tempat atau
rak yang digunakan sebagai tmepat untuk menaruh kopor atau barang-barang tamu.
Misalnya, tamu ingin bepergian ke luar hotel dan membawa tas atau barang. Namun
sebelum ia pergi keluar, ia hendak pergi ke restauran. Maka ia menitipkan
terlebih dahulu barang-barang nya di uniformed service.
8. Kotak P3k
Merupakan
kotak yang berisi obat obat yang diperlukan dan bisa dipakai untuk keadaan yang
tidak begitu serius dan tidak memerlukan bantuan dokter. Juga dipakai sebagai
alat bantu untuk pertolongan pertama jika ada sesuatu yang tidak diinginkan
(kecelakaan).
9. Loudspeaker
Adalah alat
yang permukaannya berbentuk gambaran atau tulisan atau keduanya yang dapat
menghasilkan cap. Yang digunakan sbagai tanda bukti bahwa pada hari, tanggal
dan tahun tersebut telah terjadi suatu transaksi yang telah disetujui oleh
kedua belah pihak.
Administrasi di
section ini lebih dikhusukan pada dokumen pencatatan segala kegiatan yang dilakukan
oleh porter/ concierge dalam proses pelayanan tamu. Antara lain :
Kartu tanda barang
yang digantungkan pada barang-barang bawaan tamu agar tidak tertukar atau
hilang. Kartu ini biasanya disematkan pada barang sebelum tamu diantar ke kamar.
Demikian juga pada saat tamu check-out, menitipkan barang, dan pindahan
kamar, petugas harus mengantungkan kartu barang ini pada barang-barang milik
tamu agar jangan sampai tertukar dengan barang milik orang lain.
Kartu yang
digunakan oleh bellboy untuk mencatat segala kegiatan yang berhubungaan dengan
penanganan barang tamu tiba, pindah kamar atau berangkat, setelah kartu ini
diisi akan segera diberikan oleh bell captain yang selanjutnya akan dimasukkan
ke dalam bellboy control sheet.
Lembar atau
formulir pengawasan yang digunakan oleh bell captain untuk mencatat kegiatan
bellboy selama penanganan barang tamu tiba, pindah kamar atau berangkat.
Formulir ini di isi berdasarkan data dari bellboy errand card.
Adalah
lembar atau formulir pengawasan yang digunakan oleh bell captain untuk mencatat
kegiatan seluruh petugas concierge selama melaksanakan tugas-tugas pelayanan
tamu.
Baggage
claim check adalah kartu tanda bukti penitipan barang tamu untuk sementara
waktu yang disimpan di gudang penitipan barang (luggage store). Kartu ini
memuat dua bagian, bagian depan berisikan informasi tentang data
tamu dan barang tamu yang dititip, sedangkan bagian belakang memuat informasi
tentang persyaratan penitipan barang dan informasi pengambilan barang yaitu:
Hotel tidak
bertanggung jawab terhadap kehilangan barang-barang yang dititipkan lebih dari
30 hari dan tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang dikarenakan/disebabkan
oleh proses penyimpanan. Pemilik barang akan menanggung seluruh resiko yang
disebabkan oleh api, air dan kecurian dll. Hotel akan menjaga barang tamu di
lingkungan hotel, barang akan diberikan dengan menunjukkan kartu ini.
Luggage room
book adalah buku pencatatan penitipan barang sementara milik tamu yang disimpan
atau dititipkan di gudang penitipan barang (lugage store). Buku ini digunakan
untuk mencatat seluruh barang tamu yang dititipkan dan yang diambil
kembali oleh tamu. Informasi yang terdapat pada buku ini biasanya sama dengan
informasi yang terdapat pada baggage claim check (kartu penitipan barang).
Stiker yang
ditempelkan pada barang tamu, biasanya ditempelkan pada barang tamu ketika tamu
check out untuk sarana promosi hotel.
0 komentar:
Posting Komentar